Kanker Lambung

Kanker lambung disebut juga dengan penyakit kanker perut. Kanker ini memang lebih berjangkit di daerah perut atau lambung. Penyakit ini lebih banyak menjangkiti manusia usia lanjut yang telah menggunakan lambungnya sekian lama, sehingga tumor jinak yang semula berada dilambung sejak awal memang tidak banyak menimbulkan masalah. Namun kadang-kadang sebagian daripadanya tumor jinak tadi berkembang menjadi kanker.  Kanker lambung ini termasuk jenis kanker yang paling banyak diidapi oleh manusia. Para peneliti menyimpulkan bahwa jenis kanker ini diperkirakan semakin banyak jumlah penderitanya, karena semakin bervariasinya jenis makanan yang dikonsumsi untuk memasuki lambung itu. Apalagi jenis makanan yang dilahap itu lebih banyak makanan olahan yang tidak dapat dipungkiri menggunakan zat-zat pengawet dan penyedap rasa yang sebenarnya amat membahayakan perut dan pencernaan manusia.

Dengan masuknya berbagai jenis makanan perangsang itu, infeksi pada lambung tidak dapat dihindari, yang kadang-kadang  timbul pula inflamasi pada lapisan lambung. Kondisi ini bisa saja member kontribusi pada lukanya lambung serta berbagai jenis kanker pencernaan laiinya. Kanker lambung sering bermula dari lapisan lambung yang meradang. Namun banyakahli berpendapat bahwa peradangan itu akibat dari adanya kanker lambung, bukan sebagai penyebab kanker. Beberapa ahli malah mengatakan bahwa kanker lambung disebabkan oleh ulkus gentrikum. Namun kebanyakan penderita ulkus dan kanker lambung kemungkinan mengidap sejenis kanker yang tidak terdeteksi sebelum tukaknya terbentuk.

Helycobacter pylori, nama sejenis kuman yang amat memegang peranan pentng dalam usus duodenalis, juga bisa berperan dalam munculnya kanker  lambung ini. Polip lambung suatu pertumbuhan dan menular yang tumbuh alam rongga lambung manusia. Karena itu polip ini selalu diangkat untuk mengobatinya. Kanker mungkin saja terjadi bersama dengan jenis polip tertentu, yaitu polip yang lebih besar dari 1,8 cm atau polip yang jumlahnya lebih dari satu faktor makanan tertentu diperkirakan berperan dalam pertumbuhan kanker lambung ini. Faktor-faktor tersebut antara lain : 1) asupan garam yang tinggi, 2) asupan karbohidrat yang tinggi, 3) asupan bahan pengawet (nitrat) yang tinggi, dan 4) asupan sayuran hijau dan buah yang kurang cukup. Faktor-faktor tersebut memang tidak secara langsung terbukti memicu terjadinya kanker lambung.

Jenis kanker lambung pada stadium awal gejalanya tidak begitu terasa dan malah sering tidak dihiraukan. Bila gejala itu semakin meningkat baru bisa ditentukan lokasi tumbuhnya kanker itu. Sebagai contoh perasaan penuh atau tidak nyaman setelah makan bisa menunjukkan adanya gejala kanker pada bagian lambung bawah. Penurunan berat badan atau merasa suka lelah, biasanya disebabkan oleh kesulitan dalam atau ketidakmampuan menyerap beberapa vitamin dan kandungan mineral. Disamping itu penderita juga kadang-kadang muntah darah yang banyak atau mengeluarkan tinja yang berwarana kehitaman. Bila kanker lambung bertambah besae, mungkin akan teraba adanya massa pada dinding perut.

 


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Lambung and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>